Bagi calon-calon
pengusaha artikel hari ini mungkin bisa jadi acuaan kaliaan saat mau mengambil
suatu keputusan bisnis...
Let’s see :D
Keputusan
atau decision merupakan pilihan yang dibuat dari beberapa alternative yang
tersedia. Pengambilan keputusan (decision making) adalah proses identifikasi
masalah dan kesempatan kemudian memecahkannya. Pengambilan keputusan yang baik
merupakan bagian vital dari maanjemen yang baik, karena keputusan-keputusan
yang menentukan bagaimana suatu cara organisasi menyelesaikan masalah,
mengalokasikan sumber daya dan meraih sasaran.
Berikut
adalah langkah-langkah pengambilan keputusan:
1. Pengakuan terhadap persyaratan keputusan
Para manager menghadapi
persyaratan keputusan baik dalam bentuk masalah maupun kesempatan. Suatu
masalah terjadi ketika pencapaian organisasional kurang dari sasaran yang
ditetapkan. Kesadaran terhadap masalah/kesempatan adalah langkah pertama dalam
mengambil keputusan dan membutuhkan pengamatan lingkungan internal dan
eksternal bagi isu-isu yang membutuhkan perhatian eksekutif.
2. Diagnosis dan analisis penyebab
Ketika masalah dan
kesempatan telah menarik perhatian manager, pemahaman situasi harus diperjelas.
Diagnosis adalah salah satu langkah dalam proses pengambilan keputusan.
3. Pengembangan altrnatif
Pada saat masalah atau
kesempatan telah dapat dikenali dan dianalisis, pembuat keputusan mulai
mempertimbangkan untuk melakukan tindakan yang diperlukan. Langkah berikutnya
adalah menghasilkan alternative solusi yang mungkin dapat menanggapi kebutuhan
situasi dan memperbaiki sebab-sebab yang mendasari.
4. Pemilihan alternative yang diharapkan
Ketika beberapa
alternative telah dikembangkan, harus dipilih salah satunya. Keputusan pilihan
adalah seleksi yang paling menjanjikan dari beberapa alternative tindakan.
Alternative terbaik menyediakan solusi terbaik sesuai dengan sasaran menyeluruh
dan nilai-nilai organisasi serta dapat mencapai hasil yang diharapkan dengan
penggunaan sumber daya seminimal mungkin.
5. Implementasi alternative yang dipilih
Termasuk
dalam tahap implementasi adalah penggunaan kemampuan manajerial,
administrative, dan persuasive untuk meyakinkan alternative yang dipilih dapat
dikerjakan.
Berikut ini ada beberapa macam gaya pengambilan keputusan (style of decision making):
1. Gaya direktif
Digunakan oleh orang-orang yang menyukai solusi jelas dan sederhana terhadap masalah.
2. Manajemen dengan gaya analitis
Sebaliknya suka mempertimbangkan solusi yang kompleks berdasarkan pada sebanayk mungkin data yang mereka kumpulkan.
3. Orang-orang yang cenderung memiliki gaya konseptual
Juga suka mempertimbangkan sejumlah besar informasi. Walau demikian, mereka lebih punya orientasi social daripada orang-orang yang memiliki gaya analitis dan suka berbincang-bincang dengan orang lain mengenai suatu masalah dan kemungkinan alternative bagi pemecah masalah tersebut.
4. Gaya perilaku
Sering diterapkan oleh manager yang memiliki perhatian besar pada orang-orang lain selaku individu.
Source : http://bomeey89.blogspot.com/2010/05/pengambilan-keputusan-manajerial.html
Semoga artikel ini bermanfaat
menjadi acuaan pembelajaran bloger sekaliaan J
No comments:
Post a Comment