Malam Bloger semua, malam ini aku mau ngeshare tentang “Strategi
yang digunakan oleh
Perusahaan Produk Terkemuka
di Dunia”
Dalam
konteks ini terdapat tiga jurus strategi yang sering
kali diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan
kelas dunia.
v Jurus yang pertama adalah pilihan strategi yang
berorientasi pada product leadership(keunggulan
produk).
Perusahaan
pada kategori ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas
premium, dan selalu one step ahead dibanding produk
kompetitor. Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk bagian R
& D-nya demi terciptanya produk yang ciamik. Intel yang terkenal dengan
seri Pentium-nya mungkin contoh yang paling sempurna untuk kategori ini. Atau
juga perusahaan-perusahaan adibusana seperti Louis Vuitton yang tenar dengan
produk tas-nya. Dan tentu saja, kita mesti menunjuk BMW dan Ferarri, dua
produsen otomotif yang selalu menciptakan produk-produk legendaris nan menawan.
v Jurus strategi yang kedua
adalah pilihan yang berorientasi pada operational excellence (keunggulan operasional).
Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama
adalah membangun proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi
proses ini, mereka mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal
mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif. Dell, perusahaan
komputer asal Texas itu, merupakan sampel yang layak disebut dalam kategori
ini. Dengan model dan proses bisnis yang amat efisien, mereka mampu menciptakan
produk-produk desktop dengan harga yang lebih komptetitif dibanding para
pesaingnya, semacam IBM dan HP.
v Jurus yang terakhir adalah pilihan strategi yang
mengacu pada customer intimacy
(keintiman dengan pelanggan).
Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama
adalah membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya; dengan harapan
akan tercipta relasi yang langgeng. Banyak perusahaan di bidang perhotelan dan
juga penerbangan yang melakoni strategi ini demi membangun loyalitas para
pelangggannya. Harley Davidson juga amat terkenal memiliki hubungan yang luar
biasa intim dengan para pemakainya; sehingga mereka bisa membangun fanatisme
yang amat intens dengan jutaan penggemarnya di seluruh jagat.
Tentu
saja, banyak perusahaan yang juga mengkombinasikan beragam jurus itu, dan tidak
hanya berfokus pada satu jurus. Honda misalnya, selain dikenal memiliki produk-produk
yang unggul, juga dikenal memiliki proses bisnis yang amat efisien. Demikian
juga, Singapore Airline. Selain memiliki produk penerbangan yang ciamik, mereka
juga memiliki keahlian dalam membangun hubungan yang intim dengan para
pelanggannya.
Demikianlah,
tiga jurus strategi bisnis yang layak dikedepankan. Deretan jurus yang bila
dipentaskan dengan presisi yang tinggi dijamin akan menghantarkan sang
pemainnya dalam bahtera keunggulan.
Ø Strategi Perusahaan Produk Terkemuka di Dunia
yang mau dibahas kali ini adalah Perusahaan Apple. Kegiatan bisnis
perusahaan Apple bergerak di bidang teknologi yang
memproduksi dan mendisign software dan hardware computer serta produk
elektronik lainnya. Perusahaan Apple menjalankan bisnis
berorientasi laba.
Operational Excellence (Keunggulan Operasional)
Manajemen
Sumber Daya Manusia Apple memiliki sinergi yang sempurna antara
beragam tim baik tim desain, tim software, maupun tim hardware. Semua melakukan
kolaborasi secara paralel dan simultan. Proses penciptaan produk di Apple tidak
dilakukan secara setahap demi setahap, dimana setelah desain selesai lalu
diserahkan ke bagian software, lalu diteruskan lagi ke bagian hardware.
Sebaliknya, dalam prosesnya semua aspek ini dikerjakan bersama-sama secara
simultan. Jika kita telisik, ketiga elemen people management : elemen
yang ini semuanya bermuara pada pertama tentang leadership yang kuat dan
visioner, yang kedua tentang kekuatan sinergi, dan yang ketiga tentang
pengembangan kompetensi dan keahlian.
Pasar
yang dibidik Apple inc antara lain kalangan pelajar, pekerja,
pemerintahan, serta masyarakat internasional. Konsumen di pasar berkembang,
seperti Cina, Brasil, dan Timur Tengah, memainkan peran signifikan dalam
penjualan iPhone. Hal ini tecermin dari makin banyaknya perusahaan yang
menggunakan gadget iPhone dan iPad untuk melancarkan kegiatan bisnis mereka.
Apple
melakukan patent untuk menguasai pasar. Hal ini terlihat pada hampir setiap
inovasi baru dari Apple selalu dipatentkan terlebih dahulu jauh sebelum iDevicenya
di luncurkan. Hampir keseluruhan aspek yang melingkupi smartphone hingga ke hal
yang sekecil-kecilnya di patentkan. Walaupun tidak semua inovasi dari Apple
untuk iOS yang akan diterapkan pada iDevice tergolong baru, tapi tetap saja
langkah strategis untuk mengamankan pasar ini secara konstan dilakukan oleh
Apple. Patent ini bisa juga termasuk dari kampanye persiapan yang rutin
dijalankan Apple, yang bisa berfungsi sebagai 'product knowledge' untuk
mengedukasi konsumen Apple. Sehingga jauh hari sebelumnya para konsumen Apple
tidak dihadapkan oleh kebingungan dari penggunaan UI iDevice itu sendiri
nantinya.
Product Leadership (Keunggulan
Produk)
Apple
memiliki kecocokan produk pasar karena Apple berusaha agar setiap orang mudah
menggunakannya dengan mudahnya pengoperasian UI dari iOS. Tidak semua orang
berasal dari kalangan maniak gadget. Bahkan hampir mayoritas pengguna
smartphone tidak tahu apa saja fitur yang terdapat di smartphonenya. Di iOS
membuat semua aplikasi tidak ada yang sia-sia. Semuanya terpakai dan mudah
dipahami. Kesederhanaan desain seperti ini ternyata yang menjadi pilihan banyak
orang. Tidak terlalu susah menjalankanya tapi tetap bergaya penggunaannya.
Inilah desain khas dari Apple iDevice yang simpel nan cantik, cocok untuk semua
kalangan. Karena tidak terlihatnya pemisahan segmen seperti usia, jenis kelamin
dan kegiatan secara spesifik, membuat Apple iDevice dapat diterima dengan
sangat baik oleh konsumen.
Customer Intimacy (Keintiman dengan Pelanggan)
Apple
memiliki pelayanan yang hebat terhadap konsumen dengan cara menanggapi keluhan
konsumen dengan baik. Penggantian dengan unit baru jika ada kerusakan dan
jarang masuk Service Centre ternyata membawa dampak yang cukup berkesan
dihati konsumen. Kemudian keluhan dari konsumen terhadap aplikasi yang
mempunyai 'bug' pun sangat ditanggapi oleh Apple. Jika ada maka ini
diteruskan ke sang pengembang. Konsekuensinya juga cukup berat jika pengembang
lambat mengupdate aplikasinya, seperti dihapusnya aplikasi tersebut dari Apps
Store. Aturan sortir ketat terhadap aplikasi yang mengandung kode berbahaya
(malware) juga semakin menambah kepercayaan konsumen dan semakin
meningkatkan kompetensi antar pengembang aplikasi. Inilah yang membuat ikatan
antara Apple, pengembang aplikasi dan konsumen terjalin harmonis dan tampaknya
strategi Apple ini sudah mulai dikuti oleh para kompetitornya.
Strategi
pemasaran produk Apple bermacam – macam. Ada yang secara langsung kepada
konsumen ( Mac dan ipod ) dan ada pula yang memalui makelar yaitu dengan cara
bundling dengan beberapa operator selular ( iphone 3G dan iphone 3GS ).
Penerapan strategi people management perusahaan Apple merupakan
perpaduan antara pengoptimalan sumber daya manusia yang handal dan kerja tim
dari berbagai fungsional untuk mencapai visi perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
1. http://arvie13.blogspot.com/2012/03/pengertian-strategi.html
2. http://strategimanajemen.net/2007/10/11/tiga-jurus-strategi-bisnis/
3. http://litnastory-justforfun-litnalitna.blogspot.com/2012/02/strategi-bisnis-apple-inc.html
4. http://majasari31.blogspot.com/2012/06/makalah-manajemen-strategi.html
No comments:
Post a Comment