Haloo Blogger…
Sebelum kalian-kalian bingung apa yang akan sering sekali
dibicarakan di Blog ini mengenai Manajemen, disini akan dijelaskan secara
singkat mengenai Manajemen.
Pengertian Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
kepimpinan dan pengendalian dari setiap anggota organisasi dalam mengupayakan
sumber daya yang ada untuk mencapai kesepakatan yang telah disepakati
sebelumnya. Seperti yang sudah disebutkan diatas, manajamen berfungsi untuk
melakukan perencanaan, pengorganisasian, kepimpinan serta pengendalian yang
dilakukan oleh manajer untuk organisasinya.
Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai manajemen dan tugas
sorang manajer, mari kita bahas sekilas mengenai “Pengambilan Keputusan
Manajerial” yang harus dilakukan oleh manajer.
Karakteristik Pegambilan Keputusan Manajerial
Dalam pengambilan keputusan, seorang manajer harus memperhatikan 4
hal dibawah ini, yaitu:
1. Lack of Structure, yang dimaksud dengan lack of structure adalah kurangnya struktur
yang ada dalam organisasi. Terdapat 2 jenis , yaitu: Programmed Decisions
(sudah tahu keputusan apa yang akan diambil) dan Non-programmed Decisions
(belum mengetahui keputusan apa yang akan diambil)
2. Uncertainty and Risk, ketidakpastian dan resiko yang harus dipertimbangkan dalam
mengambil keputusan oleh manajer
3. Conflict,
konflik-konflik apa saja yang akan timbul jika seorang manajer akan mengamil
keputusan, baik itu konflik psikologi maupun konflik interpersonal
Tahap-tahap dalam pengambilan keputusan
Ada 6 tahap dalam pengambilan keputusan, yaitu:
1. Mengidentifikas serta mendiagnosa masalah yang ada
2. Buat beberapa alternative solusi
3. Mengevaluasi solusi-solusi tersebut
4. Tentukan pilihan dari solusi tersebut
5. Melakukan solusi yang telah dipilih
6. Mengevaluasi solusi yan telah dilakukan
Sumber: Modul Pengantar Manajemen Universitas Kristen Petra dan http://www.slideshare.net/SthefanieParera/pengertian-manajemen-16558495
No comments:
Post a Comment