Wednesday, April 3, 2013

Macam-macam perusahaan


Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial. 

Contoh Perusahaan Internasional: Wilmar Intl.


Tidak satu pun orang di dunia ini yang tidak butuh makan. Kebutuhan dasar setiap individu dapat menjadi dasar bisnis yang hebat. Puluhan perusahaan tumbuh besar hingga menjadi perusahaan internasional hanya dengan bergerak di sektor industri makanan ini.

Salah satu perusahaan tersebut adalah Wilmar International. Wilmar International tumbuh besar, hanya bergerak di salah satu produk industri makanan.

Dahsyatnya Industri Sektor Makanan

Bisnis makanan jangan dilihat dari bentuk siap santap saja. Tapi kita harus tahu dari proses sebelum makanan itu jadi sampai terhidang di atas meja. Ada rangkaian panjang yang dilalui oleh sebuah jenis makanan sebelum masuk ke tubuh manusia. Misalnya, tahu goreng.

Bahan baku pembuat tahu goreng adalah kedelai. Kedelai didapat dari petani, lalu dipanen dan diambil oleh pengumpul sebelum dipak dan dijual ke pasaran. Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng tahu juga dari sektor pertanian.

Minyak goreng yang banyak beredar adalah minyak goreng dari kelapa sawit. Kelapa sawit itu diolah sampai siap digunakan oleh rumah tangga di Indonesia.

Dengan pangsa pasar yang sedemikian, suatu perusahaan yang hanya memfokuskan diri di bidang perminyakan sayur bisa menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Asia Tenggara.

Di negeri ini, Wilmar memiliki sekitar 48 perusahaan operasional. Salah satunya adalah PT Multimas Nabati Asahan, yang memproduksi minyak goreng bermerek Sania

Sania sebaga minyak goreng yang berupaya tampil ke depan. Sania mengklaim jika minyak gorengnya juga “2X penyaringan”. Penonjolan atribut “2X penyaringan” saja tidak cukup karena Tropical sudah lebih dulu memakainya. Sania maju dengan mengunggulkan atributnya yang baru yaitu “tanpa bahan pengawet”. Sania mengklaim dirinya sebagai satu-satunya minyak goreng yang tidak memakai bahan pengawet.
Tidak cukup hanya di sini, untuk memperkuat posisinya Sania menggandeng Yayasan Kanker Indonesia. Sama seperti Tropical, Sania memanfaatkan TPO (Third Party Organization) endorser. Sania bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia untuk mensponsori hidup sehat.


Sektor Agrobisnis

Wilmar International adalah salah satu perusahaan besar di Singapura. Sadar bahwa Singapura tidak mempunyai lahan untuk memasok bahan baku, perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis ini menggunakan lahan Indonesia dan Malaysia sebagai tempat menanam kelapa sawitnya.

Operasi perusahaan di Singapore Exchange ini juga berada di 18 negara lainnya yang berada di 4 benua. Perusahaan ini baru saja berdiri pada 1991. Wilmar International juga ingin menguasai pasar gula di Asia dengan membeli saham CSR, sebuah perusahaan konglomerasi yang bergerak di sektor gula.

CRS adalah salah satu perusahaan produsen gula terbesar kelima di dunia. Wilmar International berani membeli saham CSR lebih tinggi 6% hanya agar bisa menjadi pemegang saham mayoritas di perusahaan tersebut.

Dengan demikian, Wilmar International semakin memantapkan jejak-jejak dan cengkeramannya di sektor agribisnis. Pabrik minyak gorengnya tersebar di China, India, Ukraina hingga membuat Wilmar International menjadi tumbuh sebagai perusahaan minyak goreng raksasa. Di antara ‘kedudukan’ Wilmar International di tengah bisnis sektor agribisnis dunia, adalah sebagai:

-Perusahaan prosesor terbesar di bidang minyak sawit dan minyak lauric yang digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuat sabun.
-Salah satu perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia dan Malaysia.
-Perusahaan biodiesel terbesar di dunia.
-Produsen minyak goreng dalam kemasan terbesar di dunia.

Wilmar International tidak akan berhenti hingga sampai di situ. Dengan pergerakan bisnis sektor agribisnis yang semakin maju dan banyak pesaing perusahaan besar lainnya. Langkah-langkah strategis telah disiapkan demi menjadi perusahaan terdepan di sektor agribisnis di Asia.

Setelah merebut Asia, Wilmar akan berebut pangsa pasar lainnya di dunia. Salah satu incarannya adalah Afrika. Hal ini sudah ditunjukkan dengan menjadi importir minyak goreng terkemuka ke Afrika Timur dan salah satu importir minyak goreng terbesar ke Afrika Tenggara.


Source : http://www.anneahira.com/perusahaan-internasional.html , http://coratscorets.blogspot.com/2010/08/pemilik-wilmar-group.html , http://vikri-haryo-seno.blogspot.com/2009/12/persaingan-usaha-diantara-merek-minyak.html

No comments:

Post a Comment